+ -

Pages

Selasa, 09 Desember 2014

KULIAH ANALISIS ALGORITMA : APA SIH ALGORITMA GREEDY ITU ?

Algoritma greedy merupakan salah satu dari sekian banyak algoritma yang sering di pakai dalam implementasi sebuah system atau program yang menyangkut mengenai pencarian “optimasi”. Dalam kehidupan sehari hari, banyak terdapat persoalan yang menuntut pencarian solusi optimum. Persoalan tersebut dinamakan persoalan optimasi (optimization Problems).
Persoalan Optimasi adalah persoalan yang tidak hanya mencari sekedar solusi, tetapi mencari solusi terbaik. Algoritma Greedy adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mendapatkan solusi terbaik dan merupakan algoritma yang paling populer dalam hal ini.
Secara Harfiah Greedy artinya rakus atau tamak, sifat yang berkonotasi negatif. Orang yang memiliki sifat ini akan mengambil sebanayak mungkin atau mengambil yang paling bagus atau yang paling mahal. Sesuai dengan arti tersebut, Prinsip Greedy adalah take what you can get now. Dalam kehidupan sehari hari Greedy dapat digunakan dalam masalah seperti :
o    Memilih beberapa jenis investasi
o    Mencari jalur tersingkat
Algoritma Greedy adalah Algoritma yang memecahkan masalah langkah per langkah, pada setiap langkah mengambil pilihan yang terbaik yang dapat diperoleh pada saat itu tanpa memperhatikan konsekuensi ke kepan (prinsip “take what you can get now”)
Terdapat banyak pilihan yang perlu di eksplorasi pada setiap langkah solusi, karenanya pada setiap langkah harus dibuat keputusann yang terbaik dalam menentukan pilihan. Keputusan yang telah diambil pada suatu langkah tidak dapat diubah lagi pada langkah selanjutnya. Pada setiap langkah diperoleh optimum lokal. Bila algoritma berakhir, berharap optimum lokal menjadi optimum global.
Persoalan optimasi (optimization problems): persoalan yang menuntut pencarian solusi optimum.

Persoalan optimasi ada dua macam:
1.       Maksimasi (maximization)
2.       Minimasi (minimization)

Solusi optimum (terbaik) adalah solusi yang bernilai minimum atau maksimum dari sekumpulan alternatif solusi yang mungkin.
Elemen persoalan optimasi:
1.       kendala (constraints)
2.       fungsi objektif(atau fungsi optiamsi)


Solusi yang memenuhi semua kendala disebut solusi layak (feasible solution). Solusi layak yang mengoptimumkan fungsi optimasi disebut solusi optimum.
5 BUNGLON HEART: KULIAH ANALISIS ALGORITMA : APA SIH ALGORITMA GREEDY ITU ? DefinisiAlgoritma Greedy Algoritma greedy mer u pakan salah satu dari sekian banyak algoritma yang sering di pakai dalam implementasi se...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>